hijau ku

hijau ku
SHERLI MEIDIANTI blog

Sabtu, 07 April 2012

peraturan tentang air bersih dan air minum

mungkin ada yang bingung tentang banyaknya peraturan peraturan yang keluar dan yg mana sih yang masih berlaku ? apa yang baru? atau yang lama masih dipake atw dibuang aja???? yuka ah kita lihat peraturan-peraturan tentang air bersih dan air minum yang masih digunakan sampai saat ini, pelototin yah :D

1. Peraturan Menteri Kesehatan No. 416 Tahun 1990 Tentang : Syarat-syarat Dan Pengawasan Kualitas Air
pada tahun 90 an Permenkes No 416 ini masih digunain untuk persyaratan kualitas dan pengawasan air bersih dan air minum namun seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya perubahan maka peraturan ini masih digunakan namun hanya untuk persyaratan kualitas air bersihnya aja. trus untuk persyaratan kualitas air minum dan pengawasan nya gimana??? untuk yang itu kita lihat poin ke 2 yuk :)

2. KEPMENKES No. 907 / 2002 : Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum
nah pada tahun 2002 muncul deh ni kepmenkes no 907 untuk mengganti syarat dan pengawasan air minum dari permenkes no 416 tahun 1990, jadi ada beberapa perubahan dr permenkes sebelumnya disini. namun dengan berjalannya waktu maka untuk syarat kualitas air minum sejal tahun 2010 kepmenkes ini tidak digunakan lagi sebgaai acuan, akan tetapi untuk pengawasan air minum masih menggunakan kepmenkes no 907 tahun 2002. 

3. Peraturan Menteri Kesehatan No. 492 Tahun 2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air minum
ini dia permenkes terbaru pengganti dari kepmenkes no 907 tahun 2002. yang dipakai sebagai acuan pada permenkes ini adalah syarat kualitas air minum, sedangkan untk syarat kualitas air bersih masih menggunakan permenkes 416 tahun 1990 dan untuk pengawasan air minum masih menggunakan kepmenkes 907 tahun 2002.

jadi semua permenkes dan kepmenkes yang telah dikeluarkan oleh pemerintah masih digunakan pada saat ini sesuai dengan nilainya masing2 :)
1. Permenkes no 416 tahun 1990 tentang persyaratan kualitas air bersih
2. Kepmenkes no 907 tahun 2002 tentang pengawasan air minum
3. Permenkes no 492 tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum

*) dari berbagai sumber

4 komentar:

  1. kak. tolong saya kak. apa2 aja alat untuk pendugaan dan pengeboran air tanah. selain geolistrik, geomagnetik, auger dan jetting

    BalasHapus
  2. Permenkes 736 tahun 2010 tentang tatalaksana pengawasan kualitas air minum, membuat kepmenkes 907/2002 tidak berlaku lagi

    BalasHapus
  3. Sangat brmanfaat,,,Ijin Copas ya, tuk kelengkapan kantor. makasih sblumx yah..

    BalasHapus
  4. Sehat itu Nikmat. Yuk hidup sehat! Temukan segala macam tips kesehatan cuma tinggal sekali klik
    disini

    BalasHapus